Tuesday, April 28, 2015

Dory Fish and Chips

Gue masak ikan.
Gue ga pernah masak ikan sebelumnya. Bagi gue level tersulit memasak adalah ikan. Karena ikan amis terus kalo beli juga harus dipasar biar seger dan gue ga ngerti cara milih ikan. Padahal gue suka. Gw paling suka ikan goreng emak gue, trs dikasih sambel korek - cabe rawit bawang merah garam minyak. Itu mantep bgt.


Udah tepat seminggu gw di bali. Gw jg ga ngerti kok gw bs disini? Tadinya sih mau mengadu nasib. Mungkinkah ada nasib yang bisa diadu?


Waktu gw kesini, ibu gw membawakan macam2 untuk anaknya (baca: ade gw). H-1 pagipagibuta gw diajak kepasar sama dia. Gw disuruh bawa sapi. Bukan, bukan sapi perah. Tapi daging sapi , sekilo. Ya mungkin di bali gaada sapi (yakaliii). Trs pas lg liat ikan eh taunya si ibu penjual ikan punya dory frozen. Menarik sekali! 4 batang dory fillet dia jual seharga 70rb. Belilah kita, dan gw bawa 2 potong kebali.


Iyalah! Maksud gw mau bikin fish and chip kayak di fish & co. Gw cari deh resep yg kira kira mirip. Lalu gw pakai ini http://www.lifeisgelato.com/2013/03/14/creamydoryheaven/
Dilihat dari gambarnya mirip mirip. Kebanyakan resep lain itu pake beer buat balutan tepungnya. Gw ga ngerti sih apa guna dari menggoreng ikan pake beer. Mungkin bisa meledak2? Tp bukannya jd pait ya? Tau ah.


Tapi untuk sausnya berhubung gw ga punya cream dan butter, jd gw pake aja saus tartar ngasal (mayonnaise, bombay, lemon, air, harusnya sama mustard - lalu gw taburin dried parsley). Not bad. Dan dengan side dish potato wedges andalan.


Sumpah jadinya gede banget loh. Gede-banget. Gw makan seperempatnya udah kenyang. Antara kenyang betulan sama eneg. Emang dagingnya lembut dan moist banget. Gw pikir daripada digoreng lebar dan gede, lebih enak dipotong kecil2, lalu dicocol sambel. 



Dory Fish and Chips
By: Tina Ruste Mandrazo (lifeisgelato.com)

What to prepare:

3 whole dory fillets, cleaned and dried
cornstarch for dredging
oil for deep frying
chips/ fries, as side dish, in my case I had boiled potatoes (so it’s healthier)
parsley, for garnish – *optional
1 tsp cayenne pepper, topping- this gives it a kick!


Step 1: Mix all of these to create the batter

1 cup flour
2 tsp baking powder
3/4 cup cold water
1 pc egg, beaten
1/4 tsp salt

Step 2: Dredge the fish fillet in cornstarch first.
Step 3: Dip in batter and deep fry for 5-7 minutes or until golden brown.
Step 4: Drain in paper towels.
Step 5: Create the lemon-butter sauce, whisk the following:
juice of 1 lemon
1/2 cup melted butter
1/4 cup cream
1/4 tsp salt



...lalu dengan sok ide nya gw taro di penggorengan. Ya biar kayak motonya Fish&Co. "seafood in a pan".

1 comment: