Sunday, April 19, 2015

Potato Wedges

Suatu hari gue bereksperimen untuk membuat cheese fries. Kentang goreng dengan saus keju. Gw tertarik bgt utk punya usaha ini. Usaha kentang. Itu tuh gaada matinya. Everyone loves potato. Gw akan sangat kebingungan kalo suatu saat gw ketemu dengan orang yang ga suka sama kentang goreng. Sesuatu yg ga mungkin banget kan? Ah. Ada. Emak gue. Dia ga suka goreng2an.
Oke fine, target gue anak muda yang ga aware sama bahaya goreng gorengan. Kesannya kok jahat. Tapi coba kita perhatikan lagi. Sesuatu yg ga sehat itu biasanya lebih enak. Ga bisa dipungkiri lagi. Ini sudah hukum alam.


Oke. Jadi gw bereksperimen untuk membuat cheese sauce yang komersil, banyak, enak, tapi tetap menguntungkan. Gw pun kaget setelah membuat. Dari setengah batang keju itu bisa untuk bikin 8-10 porsi kentang. Kalo yang mau lebay ya 6 porsi lah ya. Lumayan banget kan? Ya pokoknya ini akan menarik.


3 hari yang lalu gw bikin saus itu untuk kentang goreng fiesta. Tapi kentangnya udah abis, sausnya sisa banyak. Bingung dong gw buat apaan? Wkt itu gw pernah sok sok an dijadiin mac and cheese tapi pake nya whole wheat pasta. Oh damn I hate that silly pasta. Waktu itu beli waktu masih makan dengan kalori diatur. Ga enak banget. Pastanya ga halus, jadi kayak makan sereal gitu, koko krunch, ga halus bgt kan? Pokoknya ga banget.


Akhirnya gw bikin Potato Wedges. Gw jd teringat potato wedges yg suka di beli kakak gw di PHD. Pake saus barbeque dan cheese. Gue pun (tetep) mencari resep yg gambarnya sekiranya mirip dengan punya nya PHD. Yes. Itu mirip. Banget. Cuma garemnya gw kurangin, dr 1sdm jd 1 sdt. Gila kali, mau darah tinggi? Ya walopun gw ga punya saus bbq nya, lumayan lah bisa buat ngabisin cheese sauce gw. 

Here you go!


KFC Potato Wedges
Resep modifikasi dari FOOD.COM

Bahan:
2 Kentang Tess
1/2 cup susu cair
1bh telur
1/2 cup tepung serbaguna
1/2 sdt paprika bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt garlic powder

Cara:
Potong kentang jadi bentuk wedges yg biasa kita liat.

Campur susu dan telur.

Campur semua bahan kering.

Cemplungin kentang ke bahan basah, terus ke bahan kering, goreng di minyak panas yg banyak dengan api besar, sekitar 3 menitan. Angkat. Tunggu bbrp menit, terus goreng lagi 5 menit, sampe warnanya kecoklatan kayak difoto. Hahaa. Kenapa digoreng 2x? Katanya sih hasilnya jd lebih garingnya tahan lama. Katanya. 



2 comments: